Friday, January 30, 2015

Ring dari Batok Kelapa

Ring untuk betet dari batok kelapa (parrotborneo@gmail.com)
Jika berkesempatan berkunjung ke kampung-kampung di pedalaman Kalimantan, khususnya di daerah yang banyak habitat burung betet, biasanya orang-orang memelihara satwa ini.

Mereka menjebak betet dengan berbagai cara. Setelah burung didapat, mereka memeliharanya dengan dua cara: ada yang ditaruh di kandang, ada juga yang diikat salah satu kakinya.

Untuk cara memelihara dengan diikat kakinya, orang kampung punya cara tersendiri. Sebuah ring dibuat dari bahan batok kelapa.

Bentuknya seperti angka delapan. Satu lobang lebih besar sehingga pas dipasangkan ke kaki betet.

Cara memasukkannya, dua jari betet dikuncupkan, kemudian dimasukkan ke lobang pelan-pelan, sampai dua jari belakang ikut lolos dan ring itu terpasang sebagai gelang di kakinya. Mungkin agak menyakitkan bagi si betet, tapi hanya sebentar.

Lobang yang lainnya lebih kecil untuk pengait rantai. Rantainya pun sering dibuat sendiri dari potongan-potongan kawat. Kreatif!

Ring dari batok kelapa cukup kokoh. Paruh betet yang kuat, tidak bisa menghancurkannya. Jarang sekali dikabarkan, ada betet yang lepas karena dia berhasil merusak ring itu.

1 comments:

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    ReplyDelete